11 Penyebab Traffik Blog Menurun Dengan Dratis

 on Tuesday, December 8, 2020  

Ini Penyebab Traffik Blog Menurun dengan Drastis.

      Saya Pernah mengalami hal demikian, tiba tiba trafik blog anda yang semula stabil tiba-tiba menurun drastis, alias anjlok parah seperti orang terjun ke air terus langsung ke dasar sungai gak bisa berenang pasti kebanyangkan seperti apa padahal selama ini kita rajin update artikel setiap hari. terus Apakah ada sesuatu yang salah dengan blog kita? Bias jadi mungkin google lagi berbenah atau menata ulang algoritma terbarunya? Kira-kira apa penyebab utama nya sehingga blog kehilangan sebagian pengunjung tidak seperti hal biasanya yang kita dapatkan saat pertama kali kita ngeblog.

    Tentu pasti ada salah satu di antara kita yang flash back ke belakang, apa kira kira kesalahan yang di lakukan dalam sepekan sehingga terjadi penurunan pengunjung terlihat sangat mencolok. Semua tak lepas dari peran mesin pencari, yang menempatkan artikel anda sehingga di temukan oleh pengunjung, sebab traffik terbesar adalah dari mesin pencari, terkecuali blog anda sudah sangat popular seperti blog olahraga atau blog yang lainnya sehingga pengunjung langsung datang dengan mengetahui alamat URL blog tersebut. Dari banyak argumentasi penyebab menurunya pengunjung secara drastis bisa di sebabkan karena hal-hal sepele seperti hal yang ada di bawah ini.

1. Sering mengganti template blog, tanpa submit sitemap ulang ke google webmaster.

   Sebenarnya tidak menjadi masalah mengganti template blog, tetapi hal yang sering di lupakan adalah mendaftarkan ulang peta situs (sitemap) ke google webmaster, hal ini sangatlah penting sekali untuk para blogger agar robot google segera meng crawl template baru anda, agar cepat terindex kembali.

2. Menerapkan Keyword Stuffing

    Menuliskan kata kunci yang berulang ulang dan meletakkan dalam kalimat posting tanpa di imbangi kosa kata yang relevan. Hal ini akan di anggap oleh spam oleh google,resiko terburuk adalah artikel anda akan de-index (tidak terindex oleh google) ini berlaku juga untuk penerapan blackhat SEO lainnya.

3. Banyak Spam Link

    Terdapat banyak link yang mengarah keluar dari blog anda yang menuju situs lain, terkadang google tidak begitu suka terhadap link atau website tersebut, karena bukan merupakan situs yang terpercaya, buatlah link keluar hanya kepada situs atau mitra google saja, kemudian bias arah link ke artikel yang ada pada blog kita.

4. Banyak Komentar Spam

     Jangan bangga dengan banyaknya komentar pada blog anda, yang menautkan link sembarangan. Ini salah satu faktor penyebab menurunnya jumlah pengunjung, sekali lagi google sangat tidak menyukai spam, buatlah moderasi kotak komentar anda, untuk mengatasi hal ini. Buatlah artikel yang orang suka jangan copy paste blogger orang.

5. Jumlah backlink yang banyak dalam waktu yang singkat

    Hati hati dalam mencari backlink, apalagi backlink otamatis atau di dapatkan dengan cara membeli, sebaiknya mencari backlink dari situs yang berkualitas. Hal ini juga bisa mempengaruhi jumlah pengjung pada blog kita.

6. Jarang Update Artikel

    Yang ini termasuk salah satu penyakit blogger kambuhan, obatnya ada pada anda sendiri. Intinya bisa kita jangan malas untuk membuat semua artikel yang orang suka apapun itu yang penting ita usaha. Kalau tidak usaha mana ada hasil yang bisa memuaskan.

7. Sering update artikel,tetapi artikel lama

Google sangat menyukai konten atau posting yang fresh, baru serta informatif, ini pengalaman saya saja. Trafik pengunjung blog anda tidak akan naik jika anda hanya memposting artikel yang sudah banyak di bahas orang, apalagi kata kunci artikel tersebut sudah padat. Hanya buang buang waktu saja. Untuk mencapai halaman 10 besar google juga akan sulit, karena artikel sudah banyak.

8. Penerapan SEO yang salah

    Untuk hal ini saya tidak bisa menjelaskan secara detail, sebab saya sendiri bukan ahli SEO. banyak pelajaraan SEO yang anda bisa terapkan untuk blog anda, selama ini saya hanaya melakukan optimasi SEO on Page dan SEO off page saja itu yang saya lakukan saat ini.

9. Update Algoritma Google

  Pengunjung bisa turun secara drastis ketika google melakukan update algoritma terbaru, hal ini wajar dan bisa terjadi pada situs atau web yang besar sekalipun, perubahan ini biasanya mempunyai dampak terhadap artikel di mesin pencarian, posisi SERP dan rangking blog secara global.

10. Blog kurang Promosi

  Faktor lain adalah promosi blog anda, baik secara online dan offline, hal ini tidak perlu saya jelaskan lagi, banyak cara untuk mempromosikan blog ada, mulai dari mendaftar ke blog directori, social media maupun forum yang se-Niche dengan blog anda.

11. Banyak kesalahan atau eror di google webmaster tools

    Periksa secara berkala di halaman/dashboard google webmaster tools, apakah banyak eror, seperti Structured data (missing author, missing update) atau hal yang lainnya kita bisa menerima email dari google untuk mendapatkan kesalahan yang ada pada blog kita, google sudah memberi tahu kita masa’ kita abaikan, kalau misalkan google tidak akan mengirim sesuatu yang salah kepada kita melalui email otomatis kita cari sendiri kesalahnya yang ada malah stress kita cari kesalahnya apa.

HTML Improvements (Duplicate meta descriptions, Duplicate title tags)

Crawl errors (Page not found/error 404)

Security Issues (Malware di browser)

    Nah, apakah penjelasan di atas kira kira masuk dalam salah satu kategori yang sedang anda alami? Naik turun nya pengunjung blog itu sebenarnya wajar, tetapi kalau kita memperhatikan dan menerapkan secara benar, insha Allah akan allah permudah traffik pengunjung blog anda akan normal kembali, dan bahkan bisa cenderung naik dan meningkat.



No comments:

Post a Comment

J-Theme