Pengertian Telnet SSH dan Cara Remote Telnet SSH Lengkap

 on Monday, October 14, 2019  

Pengertian Telnet SSH 

    Telnet adalah sebuah protocol jaringan yang digunakan pada internet atau local area netework untuk menyediakan fasilitas komunikasi yang berbasis text interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal. Telnik ini juga dikembangkan pada tahun 1969 dan distrandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar intenet pertama. Telnet memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai resiko keamanan.
     SSH (Secure Shell) adalah sebuah protocol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman di saat login antarmuka baris perintah, perintah yang menggunakan eksekusi jarak jauh dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan computer  ini terkoneksi melalui saluran aman atau melalui jaringan yang tidak aman server klien menjalankan SSH dan SSH program klien masing-masing protocol spesifikasi membedakan antara dua versi utama yang disebut sebagai SSH1 dan SSH2.
     Aplikasi yang paling terkenal dari protocol ini adalah untuk mengakses ke akun shell pada sistem operasi mirip unix tetapi juga dapat digunakan dengan cara yang sama untuk akun pada windows ini dirancang sebagai pengganti telnet dan protocol remote sheel lainnya yang tidak aman seperti rsh Berkeley dan protocol rexec yang mengirimkan informasi terutama kata sandi dalam bentuk teks membuat tentan terhadap intersepsi dan penyingkapan menggunakan penganalisis paket, enkripsi yang digunakan oleh SSH dimaksudkan disini untuk memberikan kerahasian intergritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti internet.

CARA REMOTE TELNET SSH 
  • Pertama-tama kita install terlebih dahulu paket telnetd dengan perintah “apt-get install telnetd” sebelum menginstall paket telnet update dulu dengan perintah “apt-get update”

  • setelah update dan install telnetd sudah berhasil kemudian kita akan menghapus uncomment pada konfigarasinya dengan perintah “ nano /etc/inetd.conf” menjadi ‘telnet stream tcp nowait root /usr/sbin/tcpd /usr/sbin/ip.t$’ biar lebih jelas bisa lihat di gambar yang ada di bawah.

  • kemudian telnet melalui komputer yang lain terhubung menggunakan windows xp, telnet ke ip debian saya menggunakan ip 192.168.43.83 terserah anda mahu pakai ip berapa yang penting jalan, perintah yang digunakan “telnet 192.168.43.83” setelah ini di minta user dan password. Hasilnya di bawah ini.



  • setelah telnet sudah selesai semua kita lakukan yang di atas kemudian kita install juga paket sshnya.Caranya bisa dilihat di bawah, ikuti saja seperti gambar yang sudah saya buat.








No comments:

Post a Comment

J-Theme