Contoh Program Membuat Animasi Pada Java

 on Tuesday, December 27, 2016  

Source Code Membuat Animasi Pada Java

    Animasi sederhana yang akan memunculkan tanda bintang secara bergantian dan akan berjalan dari kiri ke kanan.

Kode program :
Nama File : animasi.java
/*Animasi di Java*/
/*Untuk menampilkan animasi bintang*/
/*Di bawah source code program */
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
public class animasiSederhana extends Frame implements Runnable
 {
Thread animation;
// Mengatur waktu delay
int frameDelay = 100;
// Objek yang akan ditampilkan
String frames[] = {"*","**","***","****","*****","****","***","**","*"};
// Menentukan variabel yang diperlukan
int numFrames = frames.length;
int currentFrame = 0;
long lastDisplay = 0;
int screenWidth = 200; //lebar layar
int screenHeight = 200; //tinggi layar
public static void main(String args[]) {
animasiSederhana app = new animasiSederhana();
}
public animasiSederhana() {
super("Animasi Sederhana");
setup();
setSize(screenWidth,screenHeight);
addWindowListener(new WindowEventHandler());
show();
animation = new Thread(this);
animation.start();
}
void setup() {
setupMenuBar();
setFont(new Font("default",Font.BOLD,18)); //mengatur font
}
void setupMenuBar() {
MenuBar menuBar = new MenuBar();
Menu fileMenu = new Menu("File");
MenuItem fileExit = new MenuItem("Tutup");
fileExit.addActionListener(new MenuItemHandler());
fileMenu.add(fileExit);
menuBar.add(fileMenu);
setMenuBar(menuBar);
}
public void paint(Graphics g) {
g.drawString(frames[currentFrame],60,60); //membuat frame
}
public void run() {
// membuat animasi (perulangan)
do {
long time = System.currentTimeMillis();
if(time - lastDisplay > frameDelay) {
repaint();
try {
Thread.sleep(frameDelay); //berhenti selama frameDelay=100
}catch(InterruptedException ex){
}
++currentFrame;
currentFrame %= numFrames;
lastDisplay = time;
}
} while (true);
}
class MenuItemHandler implements ActionListener, ItemListener {
public void actionPerformed(ActionEvent ev){
String s=ev.getActionCommand();
if(s=="Exit"){
System.exit(0);
}
}
public void itemStateChanged(ItemEvent e){
}
}
//Kelas yang digunakan agar tombol close pada frame bisa berfungsi
class WindowEventHandler extends WindowAdapter {
public void windowClosing(WindowEvent e){
System.exit(0);
}
}
}
Output program :

ANIMASI DENGAN GRAFIK
  Untuk membuat animasi dengan grafik, maka terlebih dahulu kita harus menyiapkan gambar-gambar atau yang sejenisnya agar kita dapat menyatukannya dengan mudah.



No comments:

Post a Comment

J-Theme